EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (SENAM LANTAI)
RANAH
KOGNITIF
A.
KOMPETENSI
INTI :
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
B.
KOMPETENSI
DASAR:
3.6 Memahami konsep berbagai keterampilan dasar
dalam aktivitas spesifik senam lantai.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.6.1
Siswa dapat menjelaskan rangkaian
gerakan kayang dari posisi tidur sampai sikap akhiran tahan diatas.
3.6.2
Siswa dapat menjabarkan rangkaian
gerakan guling depan dari sikap awal berdiri kemudian meletakan tangan dimatras
dengan posisi lutut lurus sampai sikap
melakukan guling depan dengan akhiran jongkok.
3.6.3
Siswa dapat menjelaskan rangkaiann
gerakan guling belakang dari sikap awal jongkok menghadap belakang kemudian
posisi tangan disimpan di samping telinga setelah itu melakukan guling belakang
dengan posisi akhiran jongkok.
D.
TUJUAN
1.
Siswa
mampu menjelaskan rangkaian gerakan kayang.
2.
Siswa mampu menjelaskan rangkaian
gerakan guling depan.
3.
Siswa mampuu menjelaskan rangkaian
gerakan guling belakang
E. Waktu
Pembelajaran
3 X 45 menit
F. Sasaran
Siswa Kelas 7 dengan anggota setiap kelas 30 Orang
RUBRIK
PENILAIAN
PEMAHAMAN
KONSEP GERAK DALAM TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
Pertanyaan
yang diajukan
|
|
Kualitas
Jawaban
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana
sikap awal kayang?
2. Bagaimana
sikap saat melakukan kayang?
3. Bagaimana posisi sikap awal guling depan?
4. Bagaimana sikap
saat melakukan guling depan?
5. Bagaimana
sikap akhir guling depan?
6. Bagaimana
sikap awal guling belakang?
7. Bagaimana
sikap saat melakukan guling belakang?
8. Bagaimana
sikap akhir guling belakang?
|
||||
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 32
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
·
Point
4 : sangat baik. Peserta didik mampu menjelaskan langkah-langkah gerakan guling
depan dengan rinci.
·
Point
3 : baik. Peserta didik menjelaskan rangkaian gerakan, namun ada 1 langkah yang
kurang
·
Point
2 : cukup. Peserta didik menjelaskan rangkaian gerakan, namun ada 2 langkah
yang salah
·
Point
1 : kurang. Peserta didik menjelaskan rangkaian gerakan, namun ada 3 langkah
yang salah
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
SCORE AKHIR = jumlah skor yang diperoleh/jumlah skor maksimal
Contoh :
Skor diperoleh 28, skor maksimal 4 x 8 pernyataan
= 32, maka skor akhir :
28/32 X 4=3,5
Sesuai skala ketentuan peserta didik memperoleh
nilai adalah :
·
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
·
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
·
Cukup : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
·
Kurang : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33
aktikkan konsep berbagai keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik
senam lantai.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
4.6.1
Siswa dapat mempraktikkan gerakan
kayang dari bawah dengan posisi awalan tidur kemudian mendorong kedua tangan
sehingga badan terangkat dan kaki dibuka selebar bahu dan menahan selama 5
detik.
4.6.2
Siswa dapat mempraktikkan rangkaian
gerakan guling depan dengan posisi awalan berdiri kemudian meletakan tangan
dimatras dengan posisi lutut lurus dan
melakukan guling depan dengan akhiran jongkok.
4.6.3
Siswa dapat mempraktikkan rangkaiann
gerakan guling belakang dengan posisi awal jongkok menghadap belakang kemudian
posisi tangan disimpan di samping telinga setelah itu melakukan guling belakang
dengan posisi akhiran jongkok.
D. TUJUAN
1.
Siswa
mampu mempraktikkan rangkaian gerakan kayang.
2.
Siswa mampu mempraktikkan rangkaian
gerakan guling depan.
3.
Siswa mampuu mempraktikkan rangkaian
gerakan guling belakang
J. Waktu
Pembelajaran
3X
45 menit
K. Sasaran
Siswa Kelas 7 dengan anggota setiap kelas 30 Orang
L. Petunjuk
Pelaksanaan
KAYANG
1. Pendidik
membariskan peserta didik di aula sekolah yang sudah disediakan matras senam
lantai.
2. Setelah
melakukan pemanasan, peserta didik baris 4 bersyaf diatas matras dengan jarak
yang tidak terlalu rapat.
3. Semua
peserta didik melakukan posisi awalan kayang dari tidur.
4. Setelah
mendengar aba – aba peserta didik mengangkat badannya selama 5 detik.
GULING DEPAN
1. Peserta
didik membentuk barisan 1 banjar kebelakang.
2. Orang
pertama melakukan guling depan sebanyak 2 kali.
3. Setelah
itu diakhiri dengan luncat ke atas.
GULING BELAKANG
1. Peserta
didik membentuk barisan 1 banjar kebelakang.
2. Orang
pertama melakukan guling belakang sebanyak 2 kali.
3. Setelah
itu diakhiri dengan luncat ke atas.
M. Alat
dan Bahan
1.
Matras senam
Nama Peserta Didik :
…………………..................................................................
Kelas :
…………………..................................................................
Tanggal Pengamatan :
…………………..................................................................
Materi Pokok :
…………………..................................................................
RUBRIK
PENILAIAN
UNJUK KERJA
TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
Aspek Yang
Dinilai
|
Kualitas
Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Melakukan teknik dasar senam
lantai
1.
Sikap awal roll depan
2.
Saat melakukan roll depan
3.
Sikap akhir roll depan
4.
Sikap awal roll belakang
5.
Saat melakukan roll belakang
6.
Sikap akhir roll belakang
7.
Sikap awal melakukan kayang
8.
Saat melakukann kayang
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 32
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
·
Point
4 : sangat baik. Peserta didik mampu melakukan rangkaian gerakan sesuai dengan
langkah-langkah.
·
Point
3 : baik. Peserta didik melakukan rangkaian gerakan, namun ada 1 langkah yang
salah
·
Point
2 : cukup. Peserta didik melakukan rangkaian gerakan, namun ada 2 langkah yang
salah
·
Point
1 : kurang. Peserta didik melakukan rangkaian gerakan, namun ada 3 langkah yang
salah
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
SCORE AKHIR = jumlah skor yang diperoleh/jumlah skor maksimal
Contoh :
Skor diperoleh 28, skor maksimal 4 x 8 pernyataan
= 32, maka skor akhir :
28/32 X 4=3,5
Sesuai skala ketentuan peserta didik memperoleh
nilai adalah :
·
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
·
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
·
Cukup : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
·
Kurang : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33
RANAH
AFEKTIF
A. KOMPETENSI INTI :
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
B. KOMPETENSI DASAR:
2.1 Menghargai perilaku sportif (jujur,
kompetitif, sungguh-sungguh, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin,
dan kerja sama), percaya diri, dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas jasmani serta menerapkan pola hidup sehat dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.1.1
Siswa dapat mengikuti gerakan
rangkaian gerak kayang dengan tidak ragu-ragu melakukannya.
2.1.2
Siswa dapat membantu temannya
melakukan guling depan dengan cara mendorong dari belakang.
2.1.3
Siswa dapat menjawab pertanyaan dari
guru mengenai sikap awal sampai akhir dari rangkaian gerakan guling belakang .
D.
TUJUAN
1.
Siswa
mampu bekerjasama
dengan temannya
2.
Siswa berani melakukan rangkaian guling
depan.
3.
Siswa mampu menjawab sikap awal sampai
akhir dari rangkaian gerakan guling belakang
RUBRIK
PENILAIAN
SIKAP/PERILAKU
DALAM TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan
teman teman
|
|
2. Keberanian dalam
melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)
|
|
3. Menjaga
keselamatan
|
|
4. Menunjukan
sikap percaya diri
|
|
5.
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dan disiplin
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 5
|
Petunjuk
Berikan tanda ceklis ( √ ) pada kolom yang telah
disediakan jika siswa melakukan sikap-sikap diatas. Satu t
Tidak ada komentar:
Posting Komentar