Evaluasi Pembelajaran Penjas

Evaluasi Pembelajaran Penjas

EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (SENAM LANTAI)

RANAH KOGNITIF
A.     KOMPETENSI INTI :
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
B.     KOMPETENSI DASAR:
3.6  Memahami konsep berbagai keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.6.1        Siswa dapat menjelaskan rangkaian gerakan kayang dari posisi tidur sampai sikap akhiran tahan diatas.
3.6.2        Siswa dapat menjabarkan rangkaian gerakan guling depan dari sikap awal berdiri kemudian meletakan tangan dimatras dengan  posisi lutut lurus sampai sikap melakukan guling depan dengan akhiran jongkok.
3.6.3        Siswa dapat menjelaskan rangkaiann gerakan guling belakang dari sikap awal jongkok menghadap belakang kemudian posisi tangan disimpan di samping telinga setelah itu melakukan guling belakang dengan posisi akhiran jongkok.
D.     TUJUAN
1.      Siswa mampu menjelaskan rangkaian gerakan kayang.
2.      Siswa mampu menjelaskan rangkaian gerakan guling depan.
3.      Siswa mampuu menjelaskan rangkaian gerakan guling belakang
E.     Waktu Pembelajaran
3 X 45 menit
F.      Sasaran
Siswa Kelas 7 dengan anggota setiap kelas 30 Orang



RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
Pertanyaan yang diajukan

Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.      Bagaimana sikap awal kayang?
2.      Bagaimana sikap saat melakukan kayang?
3.      Bagaimana posisi sikap awal guling depan?
4.      Bagaimana sikap saat melakukan guling depan?
5.      Bagaimana sikap akhir guling depan?
6.      Bagaimana sikap awal guling belakang?
7.      Bagaimana sikap saat melakukan guling belakang?
8.      Bagaimana sikap akhir guling belakang?
JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 32

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
·         Point 4 : sangat baik. Peserta didik mampu menjelaskan langkah-langkah gerakan guling depan dengan rinci.
·         Point 3 : baik. Peserta didik menjelaskan rangkaian gerakan, namun ada 1 langkah yang kurang
·         Point 2 : cukup. Peserta didik menjelaskan rangkaian gerakan, namun ada 2 langkah yang salah
·         Point 1 : kurang. Peserta didik menjelaskan rangkaian gerakan, namun ada 3 langkah yang salah
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
SCORE AKHIR = jumlah skor yang diperoleh/jumlah skor maksimal

Contoh :
Skor diperoleh 28, skor maksimal 4 x 8 pernyataan = 32, maka skor akhir :
28/32  X 4=3,5

Sesuai skala ketentuan peserta didik memperoleh nilai adalah :
·         Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
·         Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
·         Cukup : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
·         Kurang : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33 



 aktikkan konsep berbagai keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
4.6.1        Siswa dapat mempraktikkan gerakan kayang dari bawah dengan posisi awalan tidur kemudian mendorong kedua tangan sehingga badan terangkat dan kaki dibuka selebar bahu dan menahan selama 5 detik.
4.6.2        Siswa dapat mempraktikkan rangkaian gerakan guling depan dengan posisi awalan berdiri kemudian meletakan tangan dimatras dengan  posisi lutut lurus dan melakukan guling depan dengan akhiran jongkok.
4.6.3        Siswa dapat mempraktikkan rangkaiann gerakan guling belakang dengan posisi awal jongkok menghadap belakang kemudian posisi tangan disimpan di samping telinga setelah itu melakukan guling belakang dengan posisi akhiran jongkok.
D.    TUJUAN
1.      Siswa mampu mempraktikkan rangkaian gerakan kayang.
2.      Siswa mampu mempraktikkan rangkaian gerakan guling depan.
3.      Siswa mampuu mempraktikkan rangkaian gerakan guling belakang
J.      Waktu Pembelajaran
3X 45 menit
K.    Sasaran
Siswa Kelas 7 dengan anggota setiap kelas 30 Orang
L.     Petunjuk Pelaksanaan
KAYANG
1.      Pendidik membariskan peserta didik di aula sekolah yang sudah disediakan matras senam lantai.
2.      Setelah melakukan pemanasan, peserta didik baris 4 bersyaf diatas matras dengan jarak yang tidak terlalu rapat.
3.      Semua peserta didik melakukan posisi awalan kayang dari tidur.
4.      Setelah mendengar aba – aba peserta didik mengangkat badannya selama 5 detik.
GULING DEPAN
1.      Peserta didik membentuk barisan 1 banjar kebelakang.
2.      Orang pertama melakukan guling depan sebanyak 2 kali.
3.      Setelah itu diakhiri dengan luncat ke atas.
GULING BELAKANG
1.      Peserta didik membentuk barisan 1 banjar kebelakang.
2.      Orang pertama melakukan guling belakang sebanyak 2 kali.
3.      Setelah itu diakhiri dengan luncat ke atas.
M.   Alat dan Bahan
1.      Matras senam



Nama Peserta Didik    : …………………..................................................................
Kelas                           : …………………..................................................................
Tanggal Pengamatan   : …………………..................................................................
Materi Pokok              : …………………..................................................................
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
Melakukan teknik dasar senam lantai
1.      Sikap awal roll depan
2.      Saat melakukan roll depan
3.      Sikap akhir roll depan
4.      Sikap awal roll belakang
5.      Saat melakukan roll belakang
6.      Sikap akhir roll belakang
7.      Sikap awal melakukan kayang
8.      Saat melakukann kayang
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 32
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
·         Point 4 : sangat baik. Peserta didik mampu melakukan rangkaian gerakan sesuai dengan langkah-langkah.
·         Point 3 : baik. Peserta didik melakukan rangkaian gerakan, namun ada 1 langkah yang salah
·         Point 2 : cukup. Peserta didik melakukan rangkaian gerakan, namun ada 2 langkah yang salah
·         Point 1 : kurang. Peserta didik melakukan rangkaian gerakan, namun ada 3 langkah yang salah
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
SCORE AKHIR = jumlah skor yang diperoleh/jumlah skor maksimal

Contoh :
Skor diperoleh 28, skor maksimal 4 x 8 pernyataan = 32, maka skor akhir :
28/32  X 4=3,5

Sesuai skala ketentuan peserta didik memperoleh nilai adalah :
·         Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
·         Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
·         Cukup : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
·         Kurang : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33 




RANAH AFEKTIF
A.    KOMPETENSI INTI :
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
B.     KOMPETENSI DASAR:
2.1  Menghargai perilaku sportif (jujur, kompetitif, sungguh-sungguh, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan kerja sama), percaya diri, dan berani dalam melakukan  berbagai aktivitas jasmani  serta menerapkan pola hidup sehat dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.1.1        Siswa dapat mengikuti gerakan rangkaian gerak kayang dengan tidak ragu-ragu melakukannya.
2.1.2        Siswa dapat membantu temannya melakukan guling depan dengan cara mendorong dari belakang.
2.1.3        Siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru mengenai sikap awal sampai akhir dari rangkaian gerakan guling belakang .
D.    TUJUAN
1.      Siswa mampu bekerjasama dengan temannya
2.      Siswa berani melakukan rangkaian guling depan.
3.      Siswa mampu menjawab sikap awal sampai akhir dari rangkaian gerakan guling belakang

RUBRIK PENILAIAN
SIKAP/PERILAKU DALAM TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman teman
2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)
3.  Menjaga keselamatan
4.  Menunjukan sikap percaya diri
5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dan disiplin
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5
Petunjuk
Berikan tanda ceklis (   ) pada kolom yang telah disediakan jika siswa melakukan sikap-sikap diatas. Satu t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh RPP Bola Basket

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (rpp) Sekolah                         : SMA N 1 Prabumulih Mata Pelajaran               : PJOK ...