RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Identitas
Sekolah
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Prabumulih
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kelas/Semester : X / 2
Topik : Aktifitas Luar Kelas
Alokasi
Waktu : Hari minggu, mulai jam
07.00-selesai (1 pertemuan)
2.
Kompetensi
Dasar
Mengajarkan dan mempraktikan berbagai macam kegiatan
dengan memanfaatkan alam sekitar. Salah satunya
jalan-jalan di alam bebas dan menyusuri sungai
3.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
a.
Memberikan siswa agar bisa berdaptasi
dengan alam
b.
Mengajarkan siswa agar lebih
berapresiasi terhadap lingkungan dan alam sekitar
c.
Mengetahui berbagai macam kegiatan yang
memanfaatkan alam sekitar
d.
Mengajarkan betapa pentingnya
ketrampilan hidup dan pengalaman hidup di lingkungan dan alam seitar kita
4.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa dapat beradaptasi dengan
lingkungan dan alam sekitar
b.
Siswa lebih berapresiasi terhadap
lingkungan dan alam sekitar
c.
Siswa jadi mengeahui macam kegiatan
dengan memanfaatkan alam sekitar
d.
Mampu mengenmbangkan ketrampilan hidup
dan pengalaman hidup siswa di lingkungan dan alam sekitarnya
5.
Materi
Pembelajaran
a.
Melatih peserta didik supaya bisa
menyusur sungai dengan baik
b.
Melatih daya tahan peserta didik dengan
berjalan menyusuri alam bebas
6.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
-
Berjalan menyusuri alam sekitar
-
Mencari pos untuk tanya jawab dan
berdiskusi
-
Menlajutkan perjalnan sampai menemukan
sungai, lalu belajar menyusuri sungai
7.
Sumber,
Alat, dan Bahan Pembelajaran
-
Ruang terbuka (alam)
-
Buku tulis kecil
-
Alat tulis
-
Tongkat pramuka
8.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal (pendahuluan)
·
Persiapan
-
Siswa dibariskan
-
Mempresensi siswa
·
Membacakan tata tertib di alam selama
perjalanan
·
Memberi motivasi siswa
·
Berdoa, dan melakukan perjalanan ke
lokasi
b.
Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
-
Membagi siswa dalam beberapa kelompok
-
Selama berjalan, menjelaskan apa yang
boleh dan tidak boleh dilakukan pada lingkungan dan alam sekitar
-
Meberikan games atau permainan di tengah
perjalanan, agar mereka tidak bosan maupun kelelahan. Permainan ini juga beguna
meningkatkan kerjasama, tanggung jawab, terhadap sesama maupun lingkungan
sekitarnya
·
Elaborsi
-
Melanjutkan perjalanan hingga menemukan
sungai. Guru menjelaskan kepada siswa tata cara menyebrangi sungai yang baik,
agar tidak terpleset maupun jatuh
-
Siswa menyusuri sungai secara
berkelompok dengan bantuan tongkat pramuka yang telah siswa bawa
-
Kembali berjalan, selama perjalanan guru
tetap aktif dalam berkomunikasi dengan siswa
·
Konfirmasi
-
Berhenti di pos yang telah di siapkan,
disini guru memberikan pertanyaan mengenai perjalanan yang dilakukan tadi.
-
Siswa berduskusi dengan kelompoknya
mengenai apa saja yang dapat di pelajari dari perjalanan tadi
-
Guru memberi penilaian terhadap
keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan secara transparan
-
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai dlam kegiatan tadi, sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan motivasi kepada
siswanya, meberikan pujian kepada siswa yang telah melaksankan pembelajaran
luar kelas dengan baik.
-
Memberikan semangat, dorongan untuk
terus bersahabat dengan alam, dan memanfaatkan alam dengan baik
-
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berapresiasi mengenai aktifitas luar kelas yang dilakukan ini
-
Siswa diberi waktu istirahat, dan berdoa
lalu kembali lagi ke tempat utama siswa berkumpul
9.
Penilian
·
Penugasan Individu
-
Memberikan beberapa pertanyaan mengenai
aktifitas luar kelas yang telah dilakukan. pertanyaan berbentuk esay
Contoh:
Apa yang dapat kalian pelajari dari kegiatan tersebut?
Apa saja yang tidak boleh dan boleh dilakukan di dalam hutan?
-
Memberikan lembar evaluasi dan urian
pengalaman mengenai walking dan susur sungai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar