Senin, 08 Mei 2017

Hakekat Pendidikan Jasmani

Pengertian Pendidikan Jasmani
Pendidikan  jasmani  merupakan  bagian  penting  dari  proses  pendidikan.  Artinya,  penjas bukan  hanya  dekorasi  atau  ornamen  yang  ditempel  pada  program  sekolah  sebagai  alat  untuk membuat anak sibuk. Tetapi penjas adalah bagian penting dari pendidikan. Melalui penjas yang diarahkan dengan baik, anak akan mengembangkan keterampilan yang berguna bagi pengisian waktu  senggang,  terlibat  dalam  aktivitas  yang  kondusif  untuk  mengembangkan  hidup  sehat, berkembang secara social, dan menyumbang pada kesehatan fisik dan mentalnya.
Tujuannya adalah untuk membantu anak agar tumbuh dan berkembang secara wajar  sesuai  dengan  tujuan  pendidikan  nasional,  yaitu  menjadi  manusia  Indonesia  seutuhnya. Pencapaian tujuan tersebut berpangkal pada perencanaan pengalaman gerak yang sesuai dengan karakteristik anak.

Hakikat Pendidikan Jasmani
Pendidikan  jasmani  pada  hakikatnya  adalah  proses  pendidikan  yang  memanfaatkan aktivitas  fisik  untuk  menghasilkan  perubahan  holistic  dalam  kualitas  individu,  baik  dalam  hal fisik, mental serta emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh,  makhluk  total,  daripada  hanya  menganggapnya  sebagai  seseorang  yang  terpisah  kualitas fisik dan mentalnya. Pada  kenyataanya,  pendidikan  jasmani  adalah  suatu  bidang  kajian  yang  sungguh  luas. Titik  perhatiannya  adalah  peningkatan  gerak  manusia.  Lebih  khusus  lagi,  penjas  berkaitan dengan  hubungan  antara  gerak  manusia  dan  wilayah  pendidikan  lainya:  hubungan  dari perkembangan tubuh-fisik  dengan fikiran dan jiwanya. Fokusnya pada pengaruh perkembangan fisik  terhadap  wilayah  pertumbuhan  dan  perkembangan  aspek  lain  dari  manusia  itulah  yang menjadikannya  unik.  Tidak  ada  bidang  tunggal  lainnya  seperti  pendidikan  jasmani  yang berkepentingan dengan perkembangan total manusia.
Secara sederhana, pendidikan jasmani memberikan kesempatan kepada siswa untuk:
1.        Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan aktivitas jasmani, perkembangan estetika, dan perkembangan social.
2.        Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani.
3.        Memperoleh  dan  mempertahankan  derajat  kebugaran  jasmani  yang  optimal  untuk melaksanakan tugas sehari-hari secara efisien dan terkendali.
4.        Mengembangkan  nilai-nilai  pribadi  melalui  partisipasi  dalam  aktivitas  jasmani  baik secara kelompok maupun perorangan.
5.        Berpartisipasi  dalam aktivitas jasmani yang  dapat mengembangkan  keterampilan  social yang memungkinkan siswa berfungsi secara efektif dalam hubungan antar orang.

6.        Menikmati  kesenangan  dan  keriangan  melalui  aktivitas  jasmani,  termasuk  permainan olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh RPP Bola Basket

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (rpp) Sekolah                         : SMA N 1 Prabumulih Mata Pelajaran               : PJOK ...